Alas Harum Bali (Daftar Harga Tiket, Jam Buka & Rekomendasi)

Memulai debut sebagai destinasi wisata khas kopi, Alas Harum Bali adalah lokasi agrowisata populer yang menawarkan berbagai kegiatan mengasyikkan seperti menyaksikan proses pembuatan kopi luwak tradisional, melihat luwak di dalam kandang atau mencicipi secangkir kopi luwak. Namun, atraksi paling unik dari tempat ini tidak lain adalah Bali Swing

Alas Harum Bali - Official Website
Alas Harum Bali – Official Website

Kamu bakal bisa merasakan sensasi jantung yang berdetak kencang ketika sedang berayun di atas hutan hijau yang rimbun, sawah, lembah sungai, dan masih banyak lagi. Alas Harum Bali juga menawarkan kombinasi pengalaman yang tak terlupakan dimana lonjakan adrenalin kamu nantinya akan dipertemukan dengan view yang super unik dan nyaman.  Oh iyam kamu bisa lho untuk memilih melakukan jungle swing secara solo atau berpasangan dengan perlindungan tali di pinggang atau full body harness yang terpasang di safety gear

Penasaran dengan semua pesona dari Alas Harum Bali? Baca artikel ini sampai selesai ya!

A. Alas Harum Bali – Perpaduan Wisata, Budaya dan Petualangan

Glass Terrace Alas Harum - Official Website
Glass Terrace Alas Harum – Official Website

Sebuah perpaduan unik antara wisata budaya dan petualangan, Alas Harum Bali adalah destinasi serba ada yang bisa jadi alternatif paling unik di pulau ini. Terbentang di antara perkebunan kopi di Bali, pusat agrowisata ini menawarkan wisata perkebunan, yang dipadupadankan dengan olahraga ekstrim terbaik di Bali.

Untuk kamu yang gak terlalu suka adventure, kamu dapat menyaksikan proses pembuatan kopi mulai dari menanam, memanggang hingga meminum berbagai minuman panas di lantai atas, yang merupakan kebun kopi khusus kopi Luwak.

Mencicipi Kopi di Alas Harum – Official Website

Rasa Kopi Luwak Bali yang eksotis dan tidak biasa sudah terkenal di seluruh dunia, begitu juga dengan fungsi kucing luwak yang mempesona dalam proses pembuatan kopi ini. Area kafe yang menghadap ke salah satu pemandangan terindah di pulau Dewata ini, lengkap dengan ayunan raksasa, pahatan batu, punggungan terasering Bali yang familiar, dan bahkan jalur zipline.

Nah, kalau kamu suka yang menantang adrenaline, jejeran olahraga petualangan di Alas Harum Bali juga bisa jadi daya pikat terbesar di tempat ini. Dari semua aktivitas yang ditawarkan di sini, Bali Swing menonjol sebagai favorit para wisatawan. Secara harfiah, ayunan raksasa ini terbang sekitar 15 hingga 25 meter di atas tanah dan bikin deg deg ser pastinya. Oh ya, jenis wahana yang ada di destinasi ini dipisahkan menjadi beberapa paket seperti Extreme Swing, Super Extreme Swing, Couples’ Swing, dan sebagainya. 

Zipline di Alas Harum - Official Website
Zipline di Alas Harum – Official Website

Zipline di sini adalah daya tarik khusus lainnya. Wahana ini menawarkan pemandangan indah dari perkebunan hijau yang subur yang terbentang di bawah. Selain itu, Sky Bike Adventure adalah tambahan terbaru di area Alas Harum, di mana kamu, secara harfiah akan bersepeda melintasi tali. Berikut adalah beberapa aktivitas highlight terbaik yang ada di Alas Harum.  

  • Jajal Bali Swing Alas Harum, sendiri atau bersama teman, dan rasakan adrenalin tertinggi dalam hidup kamu
  • Jelajahi perkebunan hijau yang rimbun dengan menaiki Flying Fox dan nikmati pemandangan indah saat melewati pemandangan yang super indah
  • Jangan lupa untuk mengendarai dengan hati-hati saat bersepeda di petualangan Sky Bike
  • Ikuti tur kebun kopi di Alas Harum sembari mengamati dengan seksama proses budidaya dan penyeduhan kopi luwak tradisional khas Bali
  • Nikmati secangkir Luwak Brew di kafe Alas Harum sambil menikmati pemandangan indah nan natural

B. Variasi Kegiatan Ketika Berkunjung ke Alas Harum Bali

1. Swing Super Eksrim

Bali Swings di Alas Harum - Official Website
Bali Swings di Alas Harum – Official Website

Termasuk: Pengalaman naik ayunan sebanyak satu kali di ketinggian 30 meter dari tanah sekitar 3 – 4 menit, berat maks 200 Kg, berat min 35kg, usia maks 70 tahun, usia min 7 tahun. Paket ini juga akan memberikan kamu kesempatan untuk mencoba kombinasi teh & kopi [ 1 set untuk 4 orang ]. Semua kegiatan ditanggung asuransi.

2. Swing Couple

Termasuk: Bermain ayunan di ketinggian 20 meter dari tanah selama sekitar 3 – 4 menit, berat maks 200Kg, berat min 35kg, usia maks 70 tahun, usia min 7 tahun. Kamu dan pasangan juga akan mendapatkan kesempatan mencoba minuman-minuman yang tersedia gratis [ 1 set untuk 4 orang ]. Kamu juga akan mendapatkan sarang burung gratis sambil memacu adrenalin menggunakan full harness.

3. Paket Swing Unlimited

Swing Alas Harum Bali – Official Website

Termasuk: Tiga kali naik ayunan di area Swing dengan ketinggian 12 meter dari tanah selama sekitar 2 – 3 menit [dua kali tunggal & sekali couple], berat maks 200Kg, berat min 35kg, usia maks 70 tahun, usia min 7 tahun. Identik dengan paket yang lainnya, paket ini juga memberikan kamu kesempatan untuk menjajal kombinasi teh & kopi [1 set untuk 4 orang], sarang burung gratis dll.

4. Flying Fox (Zip Line)

Flying Fox – Official Website

Termasuk: Dua kali kesempatan menjajal flying fox dengan panjang 300 meter, berat maksimal 200Kg, berat minimal 35kg, usia maksimal 70 tahun, usia minimal 7 tahun. Semua perks lainnya sama dengan beberapa paket di atas.

5. Sky Bike

Sky Bike – Official Website

Termasuk: Kesempatan mengendarai sepeda tunggal dengan jarak 30 meter selama 5 menit, berat maksimal 80Kg, tinggi minimal 145cm, usia maksimal 70 tahun, usia minimal 7 tahun. Semua paket ini juga mendapatkan kesempatan menjajal kombinasi teh & kopi [ 1 set untuk 4 orang ], sarang burung gratis, full harness dan asuransi

6. Sky Bike Couple

Termasuk: 5 menit naik sepeda couple dengan jarak 50 meter, berat maksimal 150Kg/pasangan, tinggi minimal 145cm, usia maksimal 70 tahun, usia minimal 7 tahun. Identik dengan paket lainnya, paket ini juga menyediakan gratis pengujian kombinasi teh & kopi [1 set untuk 4 orang], sarang burung gratis , full harness dan tanggungan asuransi

7. Tiket Masuk Saja

Tiket Masuk Alas Harum Ubud Bali (maddy.morrisss)
Tiket Masuk Alas Harum Ubud Bali (maddy.morrisss)

Termasuk: Tracking di Alas Harum Bali dengan pemandangan teras padi, kesempatan mengambil foto-foto menggemaskan di birdnest dan spot selfie

8. Berenang di Kolam Bertingkat

Kolam Bertingkat Alas Harum Ubud Bali (alasharumbali)
Kolam Bertingkat Alas Harum Ubud Bali (alasharumbali)

Kolam renang di Alas Harum Bali sejauh ini merupakan salah satu kolam renang paling unik di seluruh area Bali. Seperti yang kita tahu, Ubud adalah tujuan destinasi yang terkurung daratan, dan area wisata ini mencoba menebusnya dengan kolam super keren.

9. Makan di Restoran di Cretya Ubud

Restoran Cretya – Official Website

Restoran di Cretya Ubud dan Alas Harum memiliki view sawah yang menakjubkan dan memiliki bar tempat duduk 360 derajat sehingga tidak sulit untuk mendapatkan tempat duduk dengan pemandangan terbaik di resto ini. Agrowisata Alas Harum ini memiliki beberapa spot foto terbaik di seluruh area Ubud! 

10. Selamat Mencicipi Kopi!

Mencicipi Kopi – Official Website

Agrowisata Alas Harum memiliki museum perkebunan kopi di mana kamu dapat melihat bagaimana kopi Bali dibuat, dan belajar tentang kopi Kopi Luwak yang terkenal di Bali. Pengalaman masuk ke museum kopi ini sudah termasuk dalam tiket masuk, dan kamu dapat memilih untuk mencicipi kopi dari semua jenis kopi Bali yang berbeda dengan biaya seharga Rp118.000,00. Kalau kamu ingin mencoba kopi Kopi Luwak, biaya tambahannya adalah Rp118 ribu.

C. Cara Pergi ke Alas Harum

Alas Harum Bali - Official Website
Alas Harum Bali – Official Website

Pulau Bali hanya dapat diakses melalui jalur udara. Bandara Internasional Ngurah Rai adalah satu-satunya bandara internasional yang menghubungkan pulau ini ke seluruh dunia. Dari sini, kamu harus menyewa mobil atau naik taksi untuk melakukan perjalanan ke Alas Harum. Pusat agrowisata ini terletak sekitar 20 menit dari Ubud, jadi kamu mungkin akan perlu waktu sekitar satu jam untuk mencapai area ini kalau langsung bergerak dari Bandara.

1. Dengan Taksi Online

Kamu dapat dengan mudah tiba ke Alas Harum dari pusat Ubud dengan memanggil taksi skuter Grab dari Aplikasi Grab. Biayanya hanya sekitar Rp75 ribuan dan memakan waktu sekitar 15 – 20 menit untuk sampai ke sana. 

Namun, untuk balik dari Alas Harum akan sedikit lebih sulit. Area ini terkenal karena tidak ada taksi atau skuter karena lokasinya yang jauh di luar pusat Ubud, tetapi kami masih bisa kok untuk menggunakan aplikasi Grab dan Gojek.

Birdnest di Alas Harum – Official Website

2. Dengan Motor Skuter

Motor (tbelabuseridze)
Motor (tbelabuseridze)

Kalau kamu kebetulan tidak bisa mendapatkan Grab atau Gojek sejauh itu di luar Ubud, mau tidak mau kamu harus rela naik taksi di jalan dan rela merogoh dana lebih besar. Nah, ketimbang harus rela “diperas” segitu besar, mending kamu pilih opsi menaiki dan menyewa menyewa skuter dan roaming sendiri.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Alas Harum adalah selama bulan-bulan kering di Bali, idealnya antara Mei hingga Agustus. Perlu dicatat bahwa semua atraksi yang ada di Alas Harum Bali terletak di luar ruangan, dan ya, kalau hujan deras, kamu tidak akan bisa menikmati sensasinya dengan sempurna.

Yuk ke Bali!

Air Terjun Aling-Aling, Bali (nathalie_wanders)
Air Terjun Aling-Aling, Bali (nathalie_wanders)

Bali memang selalu berhasil bikin jatuh cinta! Mulai dari wisata alamnya yang memukau, budayanya yang selalu membuat terpana, sampai karya para warga asli Bali yang selalu buat kita terkagum-kagum. Inilah yang membuat kunjungan ke Bali selalu menjadi pengalaman yang unik!

Yuk berkunjung ke Bali sekarang juga dengan berkunjung ke 7 Destinasi Wisata Paling Hits 2022 di Bali.

Jangan lupa juga untuk menjajal tempat oleh-oleh yang baru di The Keranjang.

You May Also Like