APH Diminta Segera Usut Otak Pelaku Dibalik KSO Basman

  • Whatsapp
banner 468x60

Konut,mainkata.id – Maraknya Illegal Mining di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tak ada habisnya di suarakan oleh beberapa aktivis daerah maupun nasional, kali ini aktivitas KSO Basman di blok mandiodo Konawe Utara (Konut) diduga kuat telah melakukan illegal mining.

Pasalnya, KSO Basman diduga telah melakukan aktivitas pertambangan di blok mandiodo kecamatan molawe kabupaten konawe utara (konut) tanpa mempunyai dasar yang jelas dan juga tak mengantongi legalitas resmi untuk melakukan kegiatan pertambangan.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Muh Gilang Anugrah (MGA) selaku Presidium Pengurus Pusat Jaringan Advokasi Masyarakat Indonesia (PP Jamindo) mengatakan bahwa, dari terbentuknya KSO Basman sampai ia beraktivitas tak satupun ada dasar yang jelas.

“Seharusnya KSO Basman segera diproses hukum. Karna KSO tersebut tidak mempunyai dasar, baik dari terbentuknya maupun aktivitasnya,” tegas MGA pada awak media.jum’at (13/05/22)

Lanjut MGA, Setau kami KSO Basman ini tidak resmi dan KSO tersebut juga bukan kontraktor mining apalagi pemilik IUP.

“Tanpa dasar, baik dari segi izin maupun lainnya KSO tersebut tak mempunyai legalitas yang jelas”

berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh PT. Aneka Tambang (Antam) kanawe utara (konut) hanya menerbitkan satu kontrak kerja yakni Kerja Sama Operasi – Mandiodo Tapuemea Tapunggaya (KSO-MTT) bersama PT. Lawu Agung Mining (PT. LAM).

“Untuk itu kami berharap Aparat Penegak Hukum (APH) untuk sesegera mungkin memproses hukum otak pelaku KSO Basman yang tak mempuyai dasar atau legalitas yang jelas” tutupnya MGA salah satu aktivis nasional asal sultra,jum’at(13/05/22)

Laporan TIM.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.